Home » Produk » Kabel Penyalur Petir » NYY Sebagai Kabel Penyalur Petir

NYY Merupakan kabel penghantar tembaga dengan selubung PVC dua lapis (doble isolator), bila dipergunakan sebagai kabel penyalur petir dengan syarat besaran total dari inti kabel harus di atas 50 mm.

Ciri utama untuk kabel ini sedikit kaku karena serabut tembaga (inti kabel) relatif besar berkisar 1 ~ 4 mm dengan jumlah beragam tergantung dari besaran / luasan total penghantar kabel . Isolator ganda untuk menyelubungi inti kabel nya.

nyy kabel penyalur petir
Pada umumnya kabel ini biasa dipergunakan sebagai kabel instalasi listrik biasa , untuk instalasi listrik rumah keberadaan kabel NYY sudah menjadi kebutuhan utama. Sedangkan untuk kebutuhan penyalur petir kabel NYY berisolator ganda adalah bentuk tambahan atas kebutuhan minimal konduktornya ( 50 mm luasan minimal ).

SPESIFIKASI TEKNIS NYY vs COAXIAL

NYY COAXIAL
Tahanan penghantar konduktor inti: 0.251 Ohm/Km 0.505 Ohm/Km
Kemampuan membawa arus petir Kurang maks Baik
Kemampuan menahan tegangan (2 sec.) 3.5kV 20 kV
Kemampuan memproteksi Side Flashing Kurang Baik Baik

Mengapa NYY 70 mm2 disebut Kurang Baik untuk kabel menyalurkan petir?

Konstruksi Cu. Conductor pada NYY adalah terdiri dari kawat-kawat tembaga yang dipilin secara konsentris dengan konstruksi 1+6+12 ( bulat dalam pilinan / round stranded ). Pada konstruksi konduktor semacam itu seluruh luas penampangnya akan efektif dilalui arus listrik apabila frekwensinya listriknya s/d 50 Hz saja.

Frekwensi 50Hz tersebut hanya diberlakukan pada sistem supplay tenaga listrik melalui kabel. Dan memang, kabel jenis NYY 70 mm2 adalah kabel yang dirancang untuk penyalur tenaga listrik biasa.

Sementara itu, petir adalah arus listrik berkapasitas besar dengan frekwensi tinggi.
Seiring dengan semakin tingginya frekwensi arus listrik, akan terjadi ” efek kulit / skin effect ” yaitu arus listrik semakin menuju pinggir penampang konduktor.

Artinya,
Semakin tinggi frekwensi suatu arus listrik melalui penampang suatu konduktor, maka arus listrik akan semakin menuju kearah pinggir penampang konduktor, dan tentu semakin sedikit besaran luas penampang konduktor yang dilalui.
Oleh sebab itu bisa dikatakan bahwa pada NYY yang efektif dilalui arus petir hanya berkisar 20 s/d 30 % dari total luas penampang.

NYY hanya mampu menahan tegangan sesaat max. 3,5 kV? Karena isolasi kabel type NYY hanya terbuat dari bahan plastik PVC dan memiliki ketebalan yang dirancang untuk hanya mampu menahan tegangan 1kV terus menerus dan 3.5kV untuk tegangan sesaat ( 2 second ). Serta tidak dilengkapi dengan pelindung terhadap kemungkinan adanya fenomena loncatan arus listrik ( electrical shield )

Bisakah NYY digunakan untuk Kabel Penyalur Petir

Keberadaan doble isolator sangat menguntungkan untuk instalasi penyalur petir. Berfungsi sebagai pelindung agar arus petir tidak keluar jalur hantaran , walau belum seberapa memadai kemampuan isolatornya. Standart isolator dari kabel NYY adalah 1 KV per lapisan jadi dua lapisan bisa menahan sampai 2 KV. Tentu ini belum memadai secara total dari tegangan yang ditimbulkan petir.

Akan tetapi bila pemasangan kabel ini tepat maka akan bisa memberikan saluran kedap. Nilai resistansi dari grounding haruslah dibawah 5 Ohm . Menghindari jalur kabel penghantar berkelok kelok . Rapat dan kuat dalam penyambungan , Unit petir dengan kabel dan kabel dengan grounding.

Ada kalanya penambahan pipa pelindung juga bisa di tambahkan untuk menambah nilai estetika dari instalasi , akan bisa terlihat lurus dan kokoh.

Baku bentuk dari kabel penyalur petir tidaklah ada, pipih , bulat atau pipa semuanya bisa dipergunakan.
Titik tolak ada di besarnya penampang logam yakni 50 mm , akan tetapi bila menginginkan saluran petir yang kedap dari efek tembus haruslah dipilih kabel yang sudah mampu untuk menahan.

Tulisan Terkait