Home » Uncategorized » Military Class Anti Petir

Seringkali kami mendapati pertanyaan dari calon konsumen , Perangkat elektronik yang seperti apa Anti Petir ?

Kami coba menerangkan perihal pengamanan petir kepada pembaca website ini , Bahwa peristiwa petir merupakan fenomena alam yang sifatnya masih terdapat banyak rahasia yang belum mutlak bisa dipecahkan secara teknologi sekarang ini .

Semisal : besaran energi yang di hasilkan dalam setiap sambaran petir , Sangat luar biasa besar ( bisa menerangi seluruh bumi walau sekejab ) , efek dari peristiwa sambaran apakah baik untuk kehidupan atau buruk.

Sudah banyak penelitian yang dilakukan , mulai sebab terjadinya petir , dan cara menghindari kerusakan yang diakibatkannya .Teknik pengamanan paling akhir baru mendapat kesimpulan :

Pengamanan petir harus meliputi 2 metoda

1. Pengamanan bangunan atas sambaran yang mengenai .

2 . pengamanan atas isi perangkat elektronik , yang acap kali merambat melalui logam dan kabel yang didalam bangunan , pengkabelan bangunan baik masuk atau keluar.

Bila bapak ingin mendapatkan Jaminan 100% dari kami , tentu 2 hal di atas harus sudah dilaksanakan dan jaminan kami sebatas dari tinjauan teknis , seperti : nilai resistansi ground sudah benar , teknis instalasi , pengamanan arester di jaringan kabel , bila sudah benar maka kami berani memberikan jaminan tersebut . Jujur saja kami katakan JAMINAN 100 % ! dengan tanda seru besar ( harap harap cemas ).

kami ada sebuah contoh kasus ….
Sebuah office kami amankan dari bahaya petir … setelah 2 tahun berjalan terjadi kejadian , ada 3 unit PC rusak karena petir ( mati sesaat setelah ada sambaran petir ).
Setelah kami adakan pengecekan , dengan hasil , instalasi anti petir masih sesuai sebagaimana yang kami kerjakan . pengamanan arrester ( jaringan kabel ) masih utuh tidak ada kerusakan , tambahan instalasi yang bersifat baru dan membahayakan tidak ada .

Kami adakan pengecekan di unit PC yang mengalami kerusakan …. ternyata rusak di bagian IC BIOS PC tersebut alias tidak ada kebakaran hebat di unit Board nya .
Kami sampaikan kepada pemilik bangunan ! Mohon hal ini bisa dipahami sebagai kerusakan disebabkan Usia …( mati sakit jantung ) sebab bila karena sengatan petir tentu akan hangus total dari perangkat pc tersebut .

Sebab jenis perangkat elektronik sekarang ini semakin kecil dan rentan … jangankan kena petir , jatuh dari meja saja besar kemungkinan akan terjadi kerusakan .

Dengan kata lain Ada keterbatasan dan kemamuan , baik dari teknologi anti petir yang sudah ada dan Biaya yang besar . Apalagi menyangkut wilayah pengaman yang luas.

Sebagai perumpamaan , terdapat sebuah Cottage Hotel dengan banyak unit bangunan bila ingin diamankan dari bahaya betir keseluruhan tentu dibutuhkan beberapa unit penyalur petir yang covered area yang memadai dan pengamanan jaringan pengkabelan / arrester di setiap cottage / bangunan yang ada . Akan besar biayanya !.

Bila ada user yang bersedia Tentu kami sangat senang mewujudkannya 🙂  

Seperti apakah perangkat yang tahan petir / anti petir

Komponen yang kompak dan komplit begitulah istilah kami .

MILITARY CLASS begitulah himbauan kami , sebab diperangkat dengan standart seperti ini keberadaan unit penting akan di over standarkan ,
military-class-antipetir

Semisal di bagian IC BIOS Mainboard ditanam ganda , padahal hanya satu buah yang dipakai untuk beroperasi , satu buah BIOS sebagai cadangan, bila rusak di unit primary bios akan langsung bios sekunder sebagai cadangan.

Perangkat kapasitor dibagian unit daya dan pengaman daya di pilih menggunakan bahan Tantalum Solid , tahan lama , tahan banting. Unit catu daya memegang peran yang sangat penting di sebuah keawetan perangkat elektronik sebab setiap kali terjadi sambaran petir di dekat lokasi kita frekwensi listik akan terganggu ( disekitar lokasi ) .

Jalur didesain lebih besar dan kompak sehingga berbodi besar dan tambun, dan dilapisi bahan karet tipis sebagai pelindung frekwensi elektromagnetis ( ROHS ).

Sehingga nampak seakan akan 2 unit yang digabungkan menjadi satu.

Mahal ! Tidak ada pilihan lain bila merupakan kebutuhan yang mendesak dan penting. 🙂

Tulisan Terkait